Tutup
ads 1280x400 pewarta network banner display
Khazanah

Mengulas Perkembangan Islam di Leicester City Inggris

168
×

Mengulas Perkembangan Islam di Leicester City Inggris

Sebarkan artikel ini
Perkembangan Islam di Leicester City Inggris
Penulis sedang berada di depan Masjid di Leicester City (Sumber: dr. Asroruddin)

KalimantanKini.Com, Khazanah – Perkembangan Islam di Inggris sangat menarik untuk diulas, termasuk di kota yang pernah saya kunjungi, Leicester.

Kota ini pernah dinobatkan sebagai kota multikultural terbaik, dan juga kota keberagaman. Berbagai warga dari segala ras dan agama hadir di sana, termasuk masyarakat muslim yang jumlahnya mencapai 10-20% dari populasi.

Suasana Islami di kota cukup terasa, dan terasa bukan berada di negara minoritas muslim. Muslimah berhijab dan berpakaian muslim cukup ramai di setiap sudut kota.

Makanan halal dapat diperoleh dengan mudah, baik makanan mentah maupun olahan. Biasanya makanan ini disediakan oleh warga imigran yang berasal dari Irak, Syiria, Pakistan, Bangladesh, dan Turki.

Kita tidak perlu khawatir juga untuk makan di restoran-restoran atau kedai yang sudah berlogo halal. Ternyata kantor pusat penjaminan halal Inggris berada di kota ini.

Mesjid pun banyak tersedia dan tidak terlalu jauh dari pemukiman. Fasilitas praying atau faith room juga tersedia di tempat-tempat umum seperti mal, pusat perbelanjaan, termasuk rumah sakit.

Untuk menjalankan salat fardhu dan salat Jumat sangat mudah, karena tempatnya berada di dalam rumah sakit.

Para profesional kesehatan di rumah sakit juga cukup banyak, antara 2-3 orang di antara 10 orang tenaga kesehatan. Mereka yang muslim umumnya berasal dari Irak, Turki, Bangladesh, Malaysia, dan juga India.

Perkembangan Islam di Leicester memang menakjubkan, selain di kota-kota besar di Inggris seperti London, Birmingham, Manchester, dan lainnya. Masyarakat lokal Inggris juga sangat toleran, dan begitu akrab dengan istilah-istilah Islam.

Wallahu’alam (AZ)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!